Skip to main content

Featured

Part 1 Caregiver Life: Indera Ke-6 Mamiku

Sekitar pertengahan Juli kami mendengar kabar yang kurang menyenangkan. Izinkan aku memulai cerita dari sehari sebelumnya, waktu itu mamiku bilang ke aku dengan wajah serius, "Nik, oma Ewet tuh kondisinya yak apa?" "Ya gitu deh, hasil lab masih belum keluar," jawabku. "Kenapa Oma?" aku tanya balik ke mami, karena merasa heran, tumben dia nanya kondisi besannya. "Tadi malam mami mimpi lihat oma Ewet di-make up cantik sekali, rambutnya pakai kayak bunga-bunga gitu. Trus ada keluarganya kumpul-kumpul semua, mami bantu jaga anak-anak kecil keluarganya oma Ewet," kata mami serius. "Wah, kita doakan aja semoga gak ada apa-apa," kataku mulai kawatir. "Iya," sahut mami, lalu kami pun melanjutkan kesibukan kami masing-masing. Mami tuh ibu kandungku, dia tinggal bersamaku. Dia termasuk orang dengan sixth sense. Sudah banyak firasat yang dia dapat itu terbukti benar. Dulu ketika aku hamil, dia tahu duluan sebelum aku kasi tahu, setelah d

Tempe Tanpa Ragi Tempe


Percobaanku membuat tempe dari tepung tempe, tanpa ragi tempe BERHASIL!!


Tempe yang sudah sudah agak hitam-hitam gitu diiris tipis sekitar 2 mm, lalu dijemur dikeringkan (bisa dengan dijemur di matahari), penjemuran sekitar 3-4 hari. Lalu ditumbuk atau diuleg hingga halus seperti tepung. Untuk selanjutnya hasil proses ini disebut tepung tempe.

Siapkan kedele, rendam 12 jam, buang kulit yang terlepas, lalu rebus hingga lunak. Dinginkan.

Setelah dingin dicampur dengan tepung tempe tadi sampai rata, lalu siapkan plastik yang sudah diberi beberapa lubang, masukkan kedele ke plastik tadi, lalu tata di baki, usahakan tidak bertumpuk supaya ada aliran udara. Letakkan baki tempe di tempat yang terhindar dari sinar matahari dan angin. Tunggu sekitar 36 jam

Takaran :
Kedele mentah 250 gr
Tepung tempe 15 g

Comments

  1. ini jadi berapa tempe mbak, kalo kedelenya 250 gr ?

    ReplyDelete
  2. sekitar 6 tempe tipis ukuran 10 x 5 cm

    ReplyDelete
  3. cara membuat tepung tempenya bagaimana?

    ReplyDelete
  4. Tepung tempe tidak perlu dicampur dengan tepung nasikah?

    ReplyDelete
  5. oh baru tau ...ternyata bikin tempe tidak susah ya , makasih Ci, dpt ilmu baru lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2... iya kalau gak dapat ragi tempe bisa pakai cara ini

      Delete
  6. Kalau pakai pemgembang bisa nggak sis

    ReplyDelete
  7. Rasanya sama seperti tempe biasa ?

    ReplyDelete
  8. Pake fermipan pengganti ragi tempe bs ga sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa, raginya beda. Fermipan harus diaktifkan dulu dengan air hangat. Sedangkan untuk pembuatan tempe tidak mungkin pakai air

      Delete

Post a Comment

Popular Posts